Senin, 26 Mei 2014

Jangan Takut Kehilangan Cantikmu



Seorang perempuan menghampiri aku pagi itu
Mungkin ia orang kedua setelah kopi yang setia menemaniku
Sambil menunggu adzan Subuh bertalu
Ia pun bertanya padaku

"Sudah cantik kah diriku?"


Aku termangu
Terdiam membisu mencoba memahami arti pertanyaan itu
Tanpa sadar wajahku merona malu
dan kukatakan pada perempuan itu

"Sudah, kamu sudah cantik menurutku"

Kemudian ia menangis tersedu
Aku bingung dan termangu
Entah kenapa kedai kopi itu mendadak syahdu
ketika ia berkata kelu

"Aku takut suatu saat nanti aku kehilangan cantikku"

Aku meminum kopiku
Beranjak dari tempat dudukku
Menyambut Subuh yang sudah memanggilku
dan berkata pada perempuan itu

"Jangan kau takut kehilangan cantikmu
Kelak akan ada pria yang memujimu sekali waktu
namun berlaku untuk seumur hidup waktu
Kelak akan ada pria yang terpana padamu sekali waktu
ketika kau berbalut pakaian pengantin dengan hijab di kepalamu
Kelak akan ada pria yang tidak akan menggilai kecantikanmu
karena pria itu tahu, kamu lebih cantik dari apa yang bisa ia lihat"

dan aku berlalu 
bersiap mengambil wudhu
berharap perempuan itu tahu
kalau pria itu aku

Brahmani Dewa Bajra

Tidak ada komentar:

Posting Komentar